Tips Membeli Gitar Elektrik Bekas

Tips Membeli Gitar Elektrik Bekas
Mengapa menggunakan alat musik gitar listrik ?, gitar adalah alat musik tenar didunia permusikan baik itu sekedar band, pemakaian pribadi, pemakaian panggung, pemakaian disekolah music dll pastinya gitar elektrik atau akustik menjadi tema dominan dalam hal musik. Menggunakan gitar listrik bekas saat ini sudah dibilang biasa saja sebab banyak yang menggunakan didalam keseharian dalam bermusik baik pemusik atau pengguna individu saja. Idealnya gitar elektrik bekas lebih murah dari pada gitar baru dari toko dengan merk yang sama itu keistimewaannya tetapi kualitas tetap ok jika kita pandai memilihnya dalam membelinya.  Kata listrik bekas harga nya murah bukan berarti murahan gan tapi ok juga kok hingga pemakainnya akan mengatakan puas puas….
Budget untuk beli gitar bekas harus sobat pertimbangkan masak masak sebelum membelinya. Semakin mendekati merk terkenal dan orisinil pasti harga lebih mahal ketimbang gitar lokal. Keunikan ciri ciri gitar listrik bekas ada dibadan gitar, bunyi gitar, kayu, pick upnya semua punya ciri  khas masing masing. Jika uang sudah cukup sesuai harga gitar yang mau dibeli segeralah meluncur ketoko gitar bekas baik melalui online atau offline, datangi toko tersebut cek gitar yang mau sobat beli supaya tau kualitas gitar tersebut baik atau tidak. Pilihan membeli gitar elektrik bekas semua tergantung dari pilihan Anda.  Harga pasaran gitar listrik bekas bermacam macam biasaya star mulai dari 800 ribu sampai dengan 7 juta bahkan bisa ada yang lebih tinggi lagi.

Langkah memilih gitar listrik bekas :
Periksa bunyi atau soundnya
Tips membeli gitar elektrik bekas yang pertama adalah memeriksa bunyi atau soundnya dengan menghubungkan ke amplifier  dengan tone volume besar atau tinggi dan dengarkanlah dengan baik baik adakah noise, pecah suaranya . Coba dengan clean sound dahulu, perhatikan bunyinya, apakah masing nyaring dan enak atau tidak. Setelah itu  setelah itu cek gitar dengan efeck bisa dengan distorsi. Dengarkan suara gitar yang menggunakan soundefect dengan seksama apakah bunyi atau suara gitar pecah atau tidak. Jika pecah, bising noise  jangan dibeli . Karena biasanya di toko ataupun dirumah menggunakan ampilfier dengan kapasitas kecil, jika dengan amplifier kecil sudah pecah bunyinya  apalagi untuk dipanggung dengan  amplifier besar pasti akan lebih pecah lagi suaranya.
Periksa stang gitar ( neck gitar )
Coba Anda memeriksa bagian neck gitar (setang gitar). Periksa apakah masih tegak lurus atau tidak. Jika melengkung cembung (ke depan) atau cekung (ke belakang) masih tidak apa-apa, karena masih bisa diperbaiki dengan diluruskan kembali, namun  jika neck gitar melengkung ke kanan atau ke kiri, kriput bekas patah  sebaiknya jangan diambil karena neck gitar adalah organ fital penting dalam elemen gitar yang menentukan baiknya gitar tersebut.
Periksa fret gitar
Tips membeli gitar elektrik bekas memeriksa bagian fret gitar. Cek dengan baik apakah fret sudah berkarat, tipis, gompal, jika sudah bunyi atau suara gitar pasti akan fals karena menyetuh fret tersebut,  dan tentunya akan membuat tangan sakit jika kita memaikan gitar tersebut ini jelas membahayakan jari jari kita saat memencet senar.
Periksa volume dan tone gitar
Tips membeli gitar elektrik bekas  memeriksa dan mengecek sambil dibunyikan menggunakan amplifier bagian potensi potensionya seperti volume dan tone pada badan gitar. Putar semua volume dan tone pada posisi tinggi, pastikan semuanya berfungsi dengan baik dan tidak bersuara berisik ( noise ).
Periksa Bagian Tuner Gitar
Tips membeli gitar elektrik bekas  memeriksa dan mengecek bagian tuner gitar ( bagain untuk memutar senar saat menyetem). Cek  semua tuner dan pastikan semua masih berfungsi dengan baik. HIndari  tuner rusak, karatan, patah, retak,  sebab bisa  membuat senar-senar mengendor dengan sendirinya ini akan mengurangi kualitas gitar listrik bekas Anda.
Periksa Bridge
Tips membeli gitar elektrik bekas memeriksa  bridge terutama yang terpasang stik whammy bar. Cobalah  whammy bar tersebut dan periksa apakah nadanya naik turun  setelah digunakan. Apabila terjadi turun nadanya walau sudah di lock bisa jadi per atau pegas di bawah gitar yang merupakan pengait bridge itu  tidak bagus lagi atau rusak.
Memeriksa Badan ( body Gitar )
Tips membeli gitar elektrik bekas yang ketujuh adalah coba periksa bagian badan atau body gitar apakah ada cacat ( lecet lecet ) atau kerusakan body atau tidak. Periksa dengan seksama dengan melihat dan meraba bagian badan atau body gitar.
Luangkan Waktu di Tempat Penjualan ( cek sound langsung dan liat fisik langsung )
Tips membeli gitar elektrik bekas dengan meluangkan waktu di tempat penjualan gitar tersebut untuk memilih-milih, memeriksa setiap komponen-komponen dalam gitar dan langsung cek sound.  Cara  cukup banyak membutuhkan waktu karena memeriksa komponen atau bagian pada gitar cukup memakan waktu yang penting liat amati, dimainkan , intinya jangan pula tergesa-gesa agar sobat tidak kecewa kemudian hari. Supaya puas bawa teman teman yang ahli / jago main gitar suruh dia mencek gitar listrik tersebut jika memang sobat masih belum paham lika liku gitar listrik
Periksa Kantong Sobat.
Yang terakhir amat penting sob, ada uang ada barang kata orang tua dulu sebelum liat barang liat  uang didalam kantong sobat sudah cukup kah buat beli gitar bekas elektrik idaman. Jika kantong sudah pass pasti cukup dengan rupiah sesuai budget gitar yang mau dibeli itu artinya 99 % gitar listrik bekas aka segera ditangan sobat.


trim  sudah membaca artikel kami ini, semoga bermanfaat. Cara memilih gitar listrik bekas.

tag : memilih gitar listrik bekas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gitaris Rock Dangdut Indonesia Roma Irama

ibanez RG350M, Ori, mii, logo bahana ( SOLD )

gitar elektrik yang sudah terjual