Cara melatih kecepatan fingering

Pastikan untuk terus melatih kekuatan (strenght/power), kecepatan (speed) & ketepatan (accuracy) jari manis & jari kelingking anda agar bisa sekuat, secepat & setepat jari telunjuk & jari tengah anda....jika anda sudah melakukan senam jari dengan format 1-2-3-4, 1-4-2-3, 1-3-2-4, 1-2-3, 2-3-4, 1-2-4, 1-3-4, 1-2, 1-3, 1-4, 2-3, 2-4 4-3 dan 3-4, jika hasilnya masih belum memuaskan maka anda bisa fokus pada jari 3 (manis) & 4 (kelingking) saja sebagai shortcut (jalan pintas) untuk latihan. 

Selain dengan cara menekan/memainkan format fingering tersebut diatas dengan tehnik "alternate picking" (petikan down-up bolak-balik), maka anda juga bisa berlatih dengan legato (tehnik membunyikan senar dengan 1 kali petik 2 nada dengan ciri bunyi yg khas) naik dan turun, bending, vibrato & thrill....dan apapun tehnik nya tetap mainkan dengan format seperti diatas dan tentunya rasakan jari mana yg masih dirasa lebih lemah dari jari lainnya dan pastikan sebagai goal setting bahwa ke-4 jari anda (telunjuk, tengah, manis & kelingking) semuanya sama kualitasnya atau jika memang masih ada perbedaan hanya tinggal sekitar 5 s/d 10% saja.
 

Catatan :

 -Posisi tubuh anda dalam memangku/memegang gitar juga sangat berpengaruh dalam hal kekuatan, kecepatan, ketepatan hingga kebersihan dalam bermain gitar....ingat : "Posisi sangat menentukan kemenangan dalam sebuah pentempuran" (Tsun Zu-kurang lebih). Itulah sebabnya dalam disiplin gitar classic ada aturan cara memangku gitar yg baik & benar (memangku gitar dengan paha kiri dengan posisi tubuh tegak lurus) yg ternyata itu bukanlah hanya suatu attitude saja saat bermain gitar classic/ujian...tetapi juga guna mendapatkan kualitas permainan yg baik pula.

-Belajar & berlatih gitar itu banyak kesamaan nya dengan berlatih kungfu & fisika/ilmu alam

-No Pain = No Gain atau Tidak ada rasa sakit maka tidak akan ada hasil

-Gitaris2 kawakan dunia hingga para instruktur gitar nasional pun masih terus menyempurnakan kualitas jarinya & juga permainannya, apalagi anda ?

-Lakukan shorcut latihan tersebut sekurang2nya 1 jam....lakukan saja itu terus selama 1 jam sehari...dan anda hanya boleh berhenti sejenak saat jari anda benar2 tidak mampu lagi untuk menekan senar kemudian lanjutkan lagi !

-Gunakan Alarm dari jam wecker atau HP anda dan set 1 jam dari waktu anda sekarang, anda tidak boleh berhenti berlatih sebelum alarm berbunyi !

-Musisi yg berhasil/sukses (tergantung goal setting sang musisi sendiri apa yg ingin dia raih sebagai musisi) bukanlah musisi yg malas & tidak disiplin dalam hal berlatih maupun waktu

-Putuskan hubungan anda selama 1 jam itu dari dunia luar, beritahu orang tua & seluruh anggota keluarga untuk tidak mengganggu anda, matikan juga semua Gadjet, Handphone, Televisi, Radio bahkan komputer/laptop anda jika saat itu tidak ada kaitannya dengan latihan anda atau jika memang tidak ada kaitannya maka matikan modem !

-Evaluasi/lihat hasil nya selama 7 hari hingga 1 bulan akan tetapi saya ingatkan bahwa senam jari seperti ini dilakukan seumur hidup !

Ok, selamat berlatih



Komentar

  1. mantap mas artikelnya sangat membantu nih dalm latihan kecepatan bermain gitar..ok tks bro

    BalasHapus
  2. cepet kilat kayak mas ingwie karjono gitaris asl brebes jawa tengahhh..eit salah asal amrik..hehe...

    BalasHapus
  3. ok gan keren artikel fingering kecepatan tangan dalam bermain gitar..trim tip trik nya gan...

    BalasHapus
  4. latihan ters gan biar tuh jari cepat kayak bang ingwie malam malam or kang slash gimbal gnr....

    BalasHapus
  5. sip sdh berbagi artikel fingering kecepatan gitar mas...

    BalasHapus
  6. aku mau beli gitar bekas mas buat kursus sekolah kpn kpn...

    BalasHapus
  7. trim sdh berbagi gan...jadi paham cara mempercepat jari dlm bermain gitar..

    BalasHapus
  8. lain wktu aye mw beli gitar elektriknya gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. .UTK PESAN GITAR FAST RESPON HUB TELEPON/SMS KE : 081513170145 SYAIFUL..COD, CEK SOUND LAGSG BISA...

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yamaha RGX 012 ( sold juni 2019 )

Legacy Stratocaster Black (SoldApril2020)

Rockness Telecaster, ori, China ( SOLD SEPT 16)